Misteri Kapal Selam Indonesia

Kapal ini merupakan satu di antara tiga kapal selam yang dipesan Pemerintah Indonesia. KRI Nagapasa-403 dilengkapi peralatan elektronik canggih, baik untuk sistem senjata maupun navigasi. Secara teknologi sudah maju dan siap untuk mendukung operasi pengamanan laut di Indonesia.

Kapal selam KRI Nagapasa-403 memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah air. Kapal ini punya ketahanan berlayar lebih dari 50 hari dan mampu menampung 40 kru untuk menunjang fungsi. Juga dipersenjatai torpedo dengan fasilitas delapan buah tabung peluncur.

Nama Nagapasa diambil dari anak panah pusaka di cerita pewayangan. Tokoh Raden Indrajit mempunyai dua anak panah pusaka Yang bernama Nagapasa dan Mahanosara. KRI Nagapasa yang diharapkan memiliki performa seperti yang ada dalam kisah pewayangan. Tangguh dan tak pernah kalah dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada tahun 2018, Indonesia sudah bisa membuat kapal selam sendiri yang dibuat oleh PT PAL yang memiliki spesifikasi yang sama dengan kapal selam yang diproduksi oleh pabrikan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering. Tentu saja hal ini merupakan kabar yang sangat baik bagi masyarakat Indonesia.

Jika kita melihat perlengkapan militer negara tetangga, seperti Malaysia memiliki 2 kapal selam. Selain itu luas laut yang harus dijaga kapal selam Malaysia, jauh lebih kecil dibandingkan Indonesia.

Negara Australia memiliki 6 kapal selam Collin Class yang dibangun bertahap sejak tahun 1996. Kapal selam ini dibuat oleh Australian Submarine Corporation bekerjasama dengan Galangan kapal Kockums, Swedia- Jerman.

Tonton videonya di bawah ini :

NOTE: ALL VIDEOS ARE ORIGINAL FROM THE CONTENT CREATORS YOUTUBE CHANNEL RESPECTIVELY. WE DO NOT RE-UPLOAD.
(Semua video di sini ASLI dari channel youtube para pemiliknya. Kami tidak melakukan upload ulang).