Libyan Desert Glass. Dunia Tidak Ingin Anda Tahu Ini !

Keberadaan batu-batu kaca ini pula yang menyebabkan kawasan gurun pasir ini dijuluki sebagai 'Gurun Kaca Libya'. Dan batu yang ada di sanapun dikenal dengan nama Libyan Desert Glass (kaca gurun Libya) yang mana ini adalah kaca silika alami paling murni yang pernah ditemukan di bumi. Kaca ini umumnya berwarna kuning, Namun ada pula yang berwarna putih susu, bercorak gelembung kecil, gumpalan putih dan berwarna hitam.

Diperkirakan fenomena alam ini telah terbentuk sejak 26 juta tahun yang lalu. Sebagian peneliti memperkirakan bahwa ketika itu ada meteorit yang menghantam bumi. Sementara teori lain menyebutkan bahwa pernah ada komet yang meledak di dekat permukaan pasir sehingga panas ekstrem dari ledakan tersebut mengakibatkan pembentukan bebatuan kaca silika. Sebenarnya teori ini juga masih diragukan.

Pasir dapat meleleh dengan suhu yang setara dengan ledakan nuklir, hingga 1600 derajat. Yang terjadi selanjutnya dengan suhu tersebut adalah seketika itu juga pasir menjadi cairan dan terangkat ke udara lalu saling bergabung. Kemudian gabungan-gabungan tersebut terlempar dan menyebar di jarak beberapa radius dari lokasi.

Apakah kaca ini memang benar berasal dari meteorit atau ada hal lain pada zaman dahulu ?

Tonton videonya di bawah ini :

NOTE: ALL VIDEOS ARE ORIGINAL FROM THE CONTENT CREATORS YOUTUBE CHANNEL RESPECTIVELY. WE DO NOT RE-UPLOAD.
(Semua video di sini ASLI dari channel youtube para pemiliknya. Kami tidak melakukan upload ulang).