02 Oktober 2017

200 Piramida Ditemukan Oleh Peneliti

Sudan adalah negara di bagian Afrika Utara yang juga punya piramida, selain Mesir. Piramida tersebut bernama Piramida Meroe.

Meroe adalah sebuah nama tempat yang dahulu yang menjadi ibukota dari Kerajaan Kush yang diperintah oleh raja-raja Nubia. Piramida Meroe dibangun dengan gaya Nubia dan telah berusia 4.600 tahun.

Piramida Meroe berada di sebelah utara Sudan, di dekat Sungai Nil. Wilayah tersebut dikenal sebagai Nubia. Piramida Meroe yang pertama, diperkirakan dibangun sekitar 800 tahun setelah dibangunnya piramida terakhir di Mesir. Piramida ini diyakini peninggalan Kerajaan Kush. Keunikan Piramida Meroe adalah punya kemiringan lebih curam dari piramida Mesir.

Kejayaan kota ini dimulai era 800 SM sampai 350 M, Kerajaan Persia sempat kesusahan untuk menaklukan kota ini dikarenakan medannya yang sulit, cuaca gurun yang cukup ekstrim, banyak tentara Persia yang tewas sebelum sampai di kota Meroe.

Kerajaan Kush berkuasa pada 800 SM hingga tahun 280M. Daerah kekuasannya meliputi sebagian besar Sungai Nil dan bagian selatan Khartoum. Piramida Meroe diyakini sebagai wilayah pusat pemerintahan Kerajaan Kush dan pusat kehidupan masyarakat sekitarnya. Ahli arkeolog yang menemuka Piramida ini adalah Giuseppe Ferlini asal Italia. Awalnya, dia menemukan 40 piramida di sana.

Menurut sejarawan budaya, Meroe banyak dipengaruhi oleh budaya Mesir, ini terlihat dari banyaknya tempat di Piramida Meroe yang dijadikan tempat kultus untuk dewa-dewa Mesir seperti Amun, Isis serta dewa dari mereka Nubia.

Tonton videonya di bawah ini :


NOTE: ALL VIDEOS ARE ORIGINAL FROM THE CONTENT CREATORS YOUTUBE CHANNEL RESPECTIVELY. WE DO NOT RE-UPLOAD.
(Semua video di sini ASLI dari channel youtube para pemiliknya. Kami tidak melakukan upload ulang).